Saturday, February 21, 2015

I am a Cultural Guide of Daily Life


Ceritanya saya lagi jadi guide nih sobats. Bukan guide sembarang guide. Saya sedang jadi guide budaya. Eeerrrrgg... jangan dibayangkan saya seperti tour guide yang nerangin tentang kesenian tradisiona Indonesia ya. Ini beneran “cultural” or “budaya” Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai mak-mak kantoran *cieeehhhh* yang  berurusan dengan mahasiswa/mahasiswi asing, saya sering kebagian memberikan orientasi  semacam training singkat,  bagaimana mereka orang-orang asing itu bisa bertahan hidup di Indonesia. #wink. Pekerjaan ini sih gampang-gampang susah menurut saya, dan dituntut tingkat ke PD an yang tinggi. Hal ini penting demi menunjukkan seberapa cinta anda sama Indonesia...*OK INDONESIA I LOVE YOU FULL deh!!*

Misalnya minggu ini, kami menerima seorang mas-mas Jepun yang supeeerr cooll *ehmm* yang mendaftar untuk belajar bahasa Indonesia *tu..kan...orang asing aja pada minat belajar bahasa Indonesia lho*. Jangan mau kalah ya..

Beberapa hari sebelum si Mas datang  kami sudah mencarikan tempat kost yang dekat dengan kampus, memastikan pada ibu kost bahwa si mas Jepun bukan anggota organisasi terlarang, dan bahwa orang ini orang baik-baik .  Maklumlah tidak seperti di kota-kota besar...di daerah saya nampaknya orang asing ngekost itu sesuatu bangets deh.  Ehhh....buntutnya ibu kost malah minta anaknya di les in bahasa Korea. Mbak anak saya hobi korea banget deh....*hallo ibu...ini yang  mau kost orang Jepang...J E P A N G*  Oke, nggak papa bahasa Jepang juga nggak papa kan deket tuh korea ama Jepang. *ya udah deh bu..atur aja kalau masnya mau, silahkan saja*. Tarifnya pakai Yen lhooohhh potong uang kost  OK. *nggak mau rugi*.

Sebetulnya saya tidak hanya memberikan orientasi “How to stay in Semarang” hanya kepada mas Jepun ini.  Beberapa kali saya mempunyai tamu Belanda, korea, dll.  Tapi mas Jepun telah memberikan saya inspirasi untuk menuliskan pengalaman side job saya ini.

Oke...ini dia manual saya, bisa jadi panduan lho kalau anda berniat menjadi host home stay bagi mahasiswa asing. Chekidot orientasi budaya lokal ala saya ini:

  1. Cara nyegat angkot/ bis (selain trans Semarang)
Angkot disemarang berwarna oranye. Panggilanya adalah “Daihatsu” bukan mo promosi  brand tertentu ya....tapi orang semarang memang begitu menamai angkotnya..kalau  orang tua-tua menyebutnya Dayatsu. Saya sehari-hari juga di antar jemput oleh “mas Dayat”....Dayatsu maksudnya *garing yak*.

Anyway..biasanya mahasiswa asing langsung saya ajak ke jalan. Baiklah, today we are going to take public transport.  *Oke you..yes you..!!follow me ya..follow my hand movement* (maksudnya ikutin gerakan tangan saya). Kalau dalam radius 50 meter kamu lihat angkot warna orannye, ayunkan tangan ke depan gerakkan beberapa kali naik turun..Yak seperti ini ya *saya lalu peragaain stop angkot*. Kalau angkot tidak mau berhenti tandanya angkotnya penuh atau dia sedang  disewa jadi nggak naikin penumpang atau di deket kamu ada polisi. Nha kamu tengok kiri kanan ya.. kalau ada polisi,  berjalanlah sedikit menjauh...pasti angkotnya mau berhenti.
Pesan moral : jangan cegat angkot di dekat pak polisi :-)

  1. Didalam angkot
Orang asing biasanya riweuh di dalam angkot, apalagi kalau bule yang badanya tinggi-tinggi dengan tas punggung segede samsak. Pertama yang harus dipastikan adalah jangan sampai dia kejedot pintu angkot, selain sakit...MALUNYA tuh disini....*tutupin muka*

Yang kedua  pastikan juga meraka tidak duduk ngangkang. Ini penting, karena angkot milik umum jadi harus berbagi.  *Yak..empat...enam..empat..enam...geser dikit mas...*. Kalau mereka mengeluh kelamaan ngetem angkotnya..suruh aja naik AMBULANS, biar lebih cepat sampai.

Pastikan juga kalau ngobrol tidak menyakiti orang disebelah anda. Ini pengalaman saya naik angkot bersama mahasiswa dari Belanda. Angkot penuh sesak karena jam pulang kerja dengan aroma yang ADUHAIIII, macam aroma yogurt. Lalu si mas Londo bilang ke saya “Ibu,angkotnya penuh...baunya seperti SUSU TUA” . Sakit perut saya menahan tawa. maksudnya dia mau bilang “angkotnya penuh orang, baunya kecut sepert susu basi (old milk)”.  Walhasil seorang ibu tengah baya berdada besar yang duduk disampingnya melotot kearah saya. #ngapuntene buuuuuu *pura-pura gak liat*

Oh ya..nanti kalau sudah dekat dengan tujuan dimaksud bilang gini ya...“KIRI PAK” trus bayar. okey... Pernah suatu kali saya ditanya , Ibu...KIRI you mean LEFT? Iya..KIRI =LEFT. WHY LEFT? Waduh...*garuk-garuk sambil mikir* Okay jadi begini...kenapa kalau minta berhenti sama sopir kita bilang “KIRI”, soalnya pintu angkot kan di sebelah kiri. #Ngasal. Eh...dia manggut-manggut.
gambar diambil dari news.olshop.org

  1. Cara menyebrang jalan
Kampus kami terletak di jalan utama jalur pantura. Jadi jangan heran kalau yang lewat didominasi trailer dan angkutan berat. Hal ini cukup mengkhawatirkan saya, apalagi untuk  orang-orang dari negara-negara yang sistem mengemudinya berkebalikan dari kita, kan bisa bingung dia. Menyuruh jalan kaki di trotoar juga tidak aman, karena kalau macet motor sering nyasak ke trotoar yang setengahnya juga sudah dipakai oleh kaki lima. #oh....Indonesiaku..

Okay..back to how to cross the street.  Jadi daripada kebanyakan teori, langsung saja saya praktekkan cara menyebrang jalan. Jadi begini ya mas...mbak, kalau mau nyebrang  liat kiri kanan dulu ya. Kalau dekat dengan jembatan penyebrangan lebih baik pakai jembatan penyebrangan. Kalau keadaan jalan ramai ,padat merayap...beri kode dengan melambaikan tangan seperti ini....yak...seperti ini mari ikuti gerakan tangan saya.

  1. Mandi Gayung
Urusan mandi sebaiknya langsung disampaikan secara terbuka saja kepada orang asing. Heh...kamu *ups...* berhubung indonesia itu negara tropis, apalagi semarang itu super hot...hot..hot...tingkat kelembaban tinggi, jadi saya sarankan anda mandi dua kali sehari. Dan ingat kalau mau ke kampus mandi dulu ya..juga pastikan anda ganti baju, dan mencuci baju anda secara teratur...#Gak mau kan kalau saya pingsan gegara kebauan kamu# ha ha ha.

Oke...cara mandi masyarakat di Indonesia mayoritas menggunakan gayung. Apa perlu saya praktekin juga nih cara mandi ala Indonesia. Simulasi saja ya...jadi ambil air dengan gayung siramkan ke seluruh tubuh...pakai sabun dan bilas. Oke..Got it???!!! *Pinterrrr*

gambar: kartun benny &mice

  1. WC jongkok, cebok air, no toilet paper
Masih urusan dengan kamar mandi. Seperti mandi gayung mayoritas masyarakat Indonesia juga menggunakan WC jongkok..yup...begini nih *praktek jongkok*
Pastikan tu kotoran tidak mbleber kemana-mana...*ihhhhhh joroookk...* dan siram yang banyak. Jangan lu tinggal begitu saja ya. Oke..

Oh iya...setelah anda beres dengan urusan BAB, bersihkan bagian belakang anda dengan air *silahkan pikir sendiri bagaimana caranya*. Disini toilet paper dipakai buat tisue makan. LoL
Saking cintanya kita sama WC jongkok ni, kadang di bandara atau di pesawatpun saya suka nemuin stempel sepatu di closet duduk. *weird* . Hayoooooo ngaku siapa oknumnya :-)

Kalau anda tinggal di Indonesia dan mendapatkan tempat tinggal dengan AC, shower  panas dingin, WC duduk dan toilet paper, berarti anda sangat beruntung.

Sebenernya masih banyak hal remeh temeh yang saya orientasikan juga ke mahasiswa asing kami. Namanya juga emak-emak ya, I concern about anything...mengkhawatirkan segala hal.Mudah-mudahan sih..mereka nggak bete ya sama kerempongan saya...ha ha ha. Sepertinya sih tidak ya...soalnya kalau ada apa-apa mereka selalu mencari ibu muna manaaaaaa...

Simpel aja ya, saya membayangkan kalau anak saya nantinya mendapatkan kesempatan sekolah di luar negerimudah-mudahan banyak mendapatkan kemudahan dari orang disekitarnya.
Pesan moral : Siapa menanam, dia menuai.....(Amin)



15 comments:

Diah Dwi Arti said...

saya ikut ketawa y mak. moga2 mas jepunnya sukses n betah.

Risalah Husna said...

Bahahaha.... ngakak saya baca tulisanmu mak :-) sangat inspiratif dan menggelitik *eaaa* sampe nangis saya.

Bee Balqis said...

saya ngakak dan senyum-senyum bacanya XD

Terima kasih mak buat tulisannya... jadi gak perlu bingung kalau tiba2 nanti saya jd guide kayak mak.
Haha.

rizkaalyna said...

Sedang membayangkan bulenya manggut2..hihihi

MunaMadrah said...

Amin...mas jepun sudah adaptasi...meski masih suka dehidrasi kalo kepanasan...lagian dia milih jalan kaki daripada ngangkot. Belum fasih ucapkan KIRI PAK. Salam kenal mak

MunaMadrah said...

Alhamdulillah bisa menghibur...tapi saya juga suka nangis kalo di suruh nerangin caranya nawar harga....soalnya kalo nawar harga ala mak mak..bisa 2 halaman folio saya nulisnya ha ha ha..salam kenal mak Husna

MunaMadrah said...

Salam kenal mak Oka...gimana kalau saya ada tamu mau hom stay saya lempar ke situ yak ?? Praktek sekalian...:-)

MunaMadrah said...

mak Riska..apalagi kalo bulenya * ehmmm* cool gitu. Disitu kadang saya merasa beruntung....salam kenal mak..

MunaMadrah said...

Apalagi kalo bulenya ganteng...alamak....sisitu kadang saya merasa beruntung wakakakk salam kenal mak

MunaMadrah said...

Apalagi kalo bulenya ganteng...alamak....sisitu kadang saya merasa beruntung wakakakk salam kenal mak

Unknown said...

hehhee menarik banget pengalamannya mbak..lucu :)

Unknown said...

Mak Kartina Ika Sari Thanks for Visit...slam kenal

Sansan Khansaluna said...

Lucu gaya tulisan nya mak.. hehehe...
seru yah jadi guide..

Annisa Steviani said...

ini lucu jugaaaa hahahahha culture shock parah ya bule ke semarang. kalau ke jakarta mentok shock sama macetnya doang hehehe

Unknown said...

Mak Annisa steviani..makacih..ya dah berkunjung....iya apalagi kalo bulenya minta ajarin bahasa jawa katanya "ibuuu...orang-orang suka bicara saya bahasa jawa, saya tidak mengerti.."...Me: oohhh cup..cup...jangan nangis ya..nanti kalo dah nggak sibuk tak ajarin wakakakk