Monday, February 16, 2015

Hantu-Hantu Indonesia



 Gambar diambil dari cover buku 101 Hantu Nusantara Karya Yudis-Broky -Pak Waw

Sebenernya sih udah lama banget mimpiin bikin buku 1001 satu alasan gue cinta mentok ama Indonesia...tapi belum kesampaian. Beberapa masih jadi draft di PC..#alasan klasik emak-emak, jangan ditiru ya.

Apa lagi ya, yang  bisa kutulis untuk seri INDONESIA I LOVE YOU FULL..kok tiba-tiba macet, kehabisan ide. Sampai suatu saat  ketemu teman lama seorang Belanda, eh..malah kita ngomongin soal hantu, demit dan kawan-kawannya.Ihhhh...nih bule demen banget ngomongin hantu Indonesia sih...ntar disamperin lohhh...

Aha..tapi malah jadi ide kepikiran nulis soal hantu. Mungkin kita adalah negara dengan stok makhluk halus paling banyak di dunia hi hi. Selalu ada inspirasi dari makhluk jenis ini.

Memang sih percaya tidak percaya kisah-kisah meisterius seputar makhluk ghaib ini digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mulai dari cerita dari mulut ke mulut yang selalu bikin penasaran dan lebih banyak tidak bisa di pertanggungjawabkan, tayangan yang mencoba menyingkap “dunia lain”,film-film komedi horor sampai horor beneran. Kejadian-kejadian luar biasa yang selalu di kait-kaitkan dengan keberadaan atau andil dari para penghuni “duni lain” yang konon selalu bersinggungan dengan dunia kita. Hiiiiiiiiiiii jangan-jangan waktu nulis ini ada mbak wewe gombel yang ngintip dari balik punggung saya
”Assalamualaikum..mbak mas..hantu permisi ya, saya mau nulis soal kalian...please jangan di ganggu ya...janji deh nulisnya yang baik-baik kok...” :-p

Sebenernya sih ini judulnya book review gitu...dulu dapet tugas dari dosen untuk membuat critical review yang njlimet abis deh. Karena otak lagi beku yang ada bukan  critical review, malah imajinasi tingkat dewa yang muncul. So..nggak usah di bahas sisi akademisnya ya...mari kita bahas sisi HORRORnyaa heee...:-)

Baiklah.... jadi menurut si mbah CLIFFORD GEERTZ yang nulis buku  the Religion of Java (terjemahan dalam bahasa Indonesia menjadi  Abangan,Santri dan Priyayi), orang jawa mempunyai beberpa kategori definisi makhluk halus (ck..ck..detil banget ya mak kita). 

Si mbah ini  telah menghabiskan enam tahun melakukan penelitian kebudayaan di sebuah kota di jawa timur. Terkait dengan dunhan(dunia hantu) saya mau kutip bagaimana definisi kategori makhluk-makhluk halus terutama oleh masyarakat jawa di tahun 1960 an dan saya kira masih berlaku sampai sekarang.

Inilah dia hantu-hantu Indonesia versi mbah Clifford Geertz
1. MEMEDI : Memedi adalah jenis makhluk halus yang suka menampakkan wujudnya kepada manusia, tapi memedi konon hanya suka menampakan wujudnya dengan maksud untuk menakut-nakuti manusia, tetapi tidak menyakiti *Trus kalau gara-gara lari ketakutan trus nabrak pohon atau masuk jurang, gimana*

Anyway....Memedi dibagi menjadi dua, Memedi laki-laki disebut GENDERUWO dan memedi perempuan disebut WEWE, biasanya mereka menampakkan diri di malam-malam sunyi ditempat-tempat yang dianggap angker. (Tambahan, biasanya WEWE terlihat seperti sedang menggendong anak, sebagaimana orang jawa biasanya menggendong anak). GENDERUWO bisa menyamar menyerupai seseorang yang dikenal sehingga bisa memanggil anak-anak untuk mengikutinya.  Ketika anak itu dinyatakan hilang (1x24 jam),  orang-orang akan membunyikan berbagai alat dapur yang berisik sehingga GENDERUWO merasa tergaggu dan mengembalikan si anak dengan menaruhnya entah itu diatas pohon atau di pemakaman desa. GENDERUWO konon juga bisa menyamar menjadi laki-laki yang menyerupai suami seseorang dan tidur bersama dengan orang itu dan percampuran dari keduanya menghasilkan keturunan ANAK GENDERUWO. Manusia dengan ciri-ciri fisik tertentu seringkali menjadi tersangka sebagai ANAK GENDERUWO (kejaaammmm..)

2.  LELEMBUT: Tidak seperti temanya si MEMEDI yang hanya suka menakut-nakuti, LELEMBUT bisa membuat orang kesurupan atau bahkan gila. LELEMBUT bahkan tidak pernah menampakkan wujud sama sekali, tetapi dia sangat berbahaya. Biasaya orang datang ke Dukun untuk menjauhkan atau mengeluarkan lelembut yang sudah masuk ke dalam tubuh manusia.

3. TUYUL:Tuyul adalah jenis hantu anak-anak. Tapi walaupun hantu anak-anak syeremnya nggak kalah sama hantu dewasa.  Tuyul karena kecil, lincah dan dapat berpindah ke suatu tempat dengan cepat konon sengaja dipelihara orang tertentu untuk membantu menambah kekayaannya. Tentu saja ada prasyarat tertentu untuk bisa memelihara tuyul semacam kontrak kerja begitulah kira-kira he he he. 

4.  DEMIT/ DANYANG : Demit lebih diasosiasikan sebagai makhluk halus yang menguasai wilayah tertentu, dan akan marah bila wilayah itu diganggu oleh manusia dengan semena-mena *baru tahu kalau dalam dunia makhluk halus ada pembagian wilayah kekuasaan juga*. 

Misal yang sangat terkenal adalah Danyang Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Karena Sang ratu ini suka warna hijau dan akan marah apabila ada yang berani menyainginya dengan memaki baju hijau di pantai selatan, maka orang percaya untuk tidak memakai pakaian warna hijau bila sedang di pantai selatan. Bisa-bisa ditelan ombak selatan yang ganas dan ditarik Nyi Roro Kidul kedasar samudra untuk menjadi temanya...hiiii syerem deh..

5. SUNDEL BOLONG: Sundel bolong adalah hantu perempuan dengan lubang menganga di punggungnya, bajunya putih dan rambutnya panjang terurai hingga ke tanah, biasanya rambut ini juga menutupi wajahnya. Paling tidak itulah gambaran orang tentang apa yang di percayai sebagai sundel bolong.

Dari definisi-definisi umum diatas, masyarakat terus mengembangkan versi berbagai jenis hantu. Baik dengan pengakuan pernah melihat hantu jenis tertentu dan kemudian menyebar atau dari imajinasi-imajanasi yang kemudian dipercaya sebagai realita. Percaya nggak percaya ya..komodifikasi hantu menjadi incaran kapitalis untuk menimbun pundi-pundi dolar #tsiaahhhh ...Masih nggak percaya? tengok saja berbagai program reality show tentang dunia lain atau hantu pun menjadi  inspirasi sebuah film, buku, dll...

Mari kita simak yuk dari yang terpopuler...
POCONG : Penampakan hantu muslim (kan hanya orang Islam yang mayatnya di bungkus dengan kain kafan), jalanya lompat-lompat (yaiyalah...kakinya diiket jadi satu), tangan bersedekap. Konon hantu jenis ini akibat mati penasaran, atau akibat lupa membuka ikat pocongangya...makanya dia bergentayangan mencari orang untuk melepas tali pocongnya...mas..mas.. tolong bukain tali pocong saya dong...

SUSTER NGESOT : Hantu jenis ini beroprasi di rumah sakit-rumah sakit atau yang ada hubunganya dengan dunia kesehatan. Ada banyak versi tentang asal muasal suster ngesot, intinya kaki suster tidak dapat berfungsi lagi sehingga dia harus berjalan dengan cara ngesot (kenapa nggak pakai kursi roda sih??? Capek tau!)

KUNTILANAK : Konon berasal dari arwah gentanyangan wanita yang meninggal sedang hamil dan melahirkan anaknya dalam kubur (???)
Nha itu yang paling ngetop dan sering masuk TV dan layar lebar (busyeeett hantu aja bisa masuk TV nha elo mak? Jangan kalah ama hantu dong)
Anehnya kalau sedang jalan-jalan baik dalam rangka tugas ataupun jalan-jalan beneran, saya suka iseng survey hantu-hantu lokal ke penduduk. Hantu versi Sunda namanya JURIG yang kurang lebih secara umum berarti hantu.

Waktu saya tinggal di Ternate sosok hantu yang tenar adalah SUANGGI. Sebetulnya suanggi bukan masuk dalam kategori hantu (mahluk halus). Karena dari beberapa sumber yang  tidak dapat dipercaya, suanggi adalah manusia yang pada saat-saat tertentu (misalnya bulan purnama) dapat berubah menjadi sosok yang sangat menyeramkan.  So bisa aja deh kita duduk berduaan di pantai...menatap purnama bulat penuh, seseorang disebelah kita tiba-tiba #WUSH...rambutnya berdiri, matanya merah, gigi taringnya keluar...dan.....*ihhh kok saya jadi merinding sih....*

Tapi menurut beberapa sumber lainya suanggi adalah orang yang mengikuti atau mendalami ilmu hitam yang kontrak kerjanya menuntut mereka berubah bentuk menjadi suanggi. Kata adek kost saya sih..”kak bakar aja kelapa, nanti kalau kakak bakar kelapa trus suanggi itu mencium aroma kelapa bakar dia akan menghampiri kita”*....aihhhh..kurang kerjaan kali yee...* Kan biar tau di kampung sini siapa yang Suanggi. *Bener juga sih pikirku, tapi kalau udah tau dia suanggi trus kenapa??* Nyuruh dia jadi artis sinetron nih #Ganteng-Ganteng SUANGGI gitu? hi hi hi

Masih banyak turunan dari versi-versi hantu di Indonesia. Contoh: hantu jalan tol..yang suka mengganggu pengemudi hingga terlena dan menyebabkan celaka. Hantu ambulan, si manis Jembatan Ancol, dan lain-lain. 

Itulah sudut mistis Indonesia, kisahnya, misterinya, kekonyolanya meski tidak terlalu dipercaya, tetap diminati.
Mak Mak..bacanya jangan terlalu serius...tuuu..siapa yang ikut baca di belakangmu...*Kabooooorrrr*. #Indonesia..I Love you Full.



No comments: